MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN LATIHAN TERBIMBING SD NEGERI 1 PAKET AGUNG

I Made Supatika

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas V di SD N 1 Paket Agung yang belajar pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan metode latihan terbimbing / model pembelajaran kooperatif. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 72,88 dengan ketuntasan belajar 67,44% pada siklus I naik menjadi 75,51 dengan ketuntasan belajar 88,37%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode latihan terbimbing / model pembelajaran kooperatif dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Paket Agung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.