MENGGIATKAN PELAKSANAAN STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

I Dewa Ayu Nyoman Pujihari

Abstract

Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 3 Anturan pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan terhadap 31 subjek penelitian. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan model Kooperatif tipe Think-Pair-Share / metode Gambar Seri. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 43,87, ketuntasan belajar 22,58%, pada siklus I rataratanya 58,70 meningkat menjadi 77,10 dengan ketuntasan belajar 93,55%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa penerapan Kooperatif tipe Think-Pair-Share / metode Gambar Seri dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.