PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Putu Rustin Indrayati

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Tukadmungga pada semester II tahun ajaran 2014/2015 adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode latihan/model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan siswa kelas V sebagai subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 61.60 meningkat menjadi 67.80 pada siklus I dan meningkat menjadi 78.64 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 44% pada siklus I meningkat menjadi 48% dan pada siklus II meningkat menjadi 92% Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan metode Latihan / model Team Assisted individualization (TAI) dalam pelaksanaan proses pembelajaran para mampu meningkatkan prestasi belajar sesuai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.