MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI BB 1 SMAN 4 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran number head together (NHT); (2) mengetahui kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan alternatif pemecahan masalahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XI BB1 SMA Negeri 4 Singaraja, berjumlah 32 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, Tes hasil belajar digunakan mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together,dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI BB 1 di SMA Negeri 4 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa pada siklus I sebesar 72,06 dengan ketuntasan klasikalnya 62,5% dan siklus II menjadi 76,09 dengan ketuntasan klasikalnya 87,5 %. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat ditanggulangi dengan memberikan perhatian lebih, baik dengan memberikan pertanyaan dan teguran yang bersifat mendidik, selain itu juga dalam pelaksaan pambelajaran guru sebagai fasilitator berkeliling untuk mengawasi proses pembelajaran untuk meminimalisisr terjadinya keributan didalam kelas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.