MENGOPTIMALKAN MODEL INQUIRI DENGAN BIMBINGAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES

I Ketut Tampi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Bimbingan Individual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III pada semester I tahun ajaran 2013/2014 di SD Negeri 1 Pancasari. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rataratanya 60.29 dengan ketentuan belajar 22.86% meningkat pada siklus I menjadi 62.57 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 28.57% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 72.86 dengan ketuntasan belajar 88.57%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inquiri dengan Bimbingan Individual mampu meningkatkan prestasi belajar siwa. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.