IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES

I Gusti Ayu Sutariyani

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sd Negeri 1 Banjar Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas V Semester I SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun Pelajaran 2014/2015. Perolehan data awal yang rendah pada siswa yakni rata-rata 72.88 atau persentase kelulusan yang baru mencapai 36.36% membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui penerapan metode Ekspositori. Metode ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah data dikumpulkan melalui instrumen tes prestasi belajar, diperoleh peningkatan hasil belajar yakni peningkatan rata-rata sebesar 73.51 (atau persentase ketuntasan sebesar 57.58%) di Siklus I dan meningkat lagi menjadi 76.06 (persentase ketuntasan sebesar 84.85%) pada Siklus II. Data pada siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya, peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran Ekspositori dalam melaksanakan pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penelitian yang dilakukan sudah berhasil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.