PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini diupayakan untuk dapat mengetahui apakah penerapan media gambar/model pembelajaran mastery learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu data awal menunjukkan prestasi rata-rata awal mencapai 63,siklus I meningkat menjadi 72, siklus II meningkat menjadi 80. Dengan ketuntasan belajar asal 52% pada siklus I meningkat menjadi 66% dan pada siklus II menjadi 89%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran Mastery Learning dengan media gambar yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Agama Hindu.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.