MENGAPLIKASIKANPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN BIMBINGAN INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES

Gede Tanaya

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini tergolong penelitian tindakan. Karena dilakukan di kelas maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengambil 41 orang siswa yang sedang belajar di kelas V pada semester II tahun ajaran 2014/2015 di SD Negeri 2 Ambengan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model inquiri dengan bimbingan individual mampu meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dicobakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Keyakinan yang muncul dari awal adalah bahwa penggunaan model tradisional yang digunakan guru mencapai sehari-hari merupakan penghambat peningkatan prestasi belajar yang diharapkan sehingga peneliti memilih model yang lebih bersifat konstruktivitas. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh kenaikan prestasi belajar siswa dari data awal 69,2 pada siklus I meningkat rata-rata tersebut menjadi 70,75 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,5 dengan ketuntasan belajar yang pada awalnya 17,07% meningkatkan menjadi 36,5% pada siklus I dan meningkat menjadi 95,1% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan yang telah dilakukan secara maksimal mengikuti teori-teori para ahli pendidikan adalah model inquiri dengan bimbingan individual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.