PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Made Pasek Suardita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching-Learning dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Subjek tindakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-3, yang belum memenuhi KKM sejumlah 13 siswa. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa, hal ini didukung oleh perbandingan rerata yakni dari prasiklus ke siklus I, dari prasiklus ke siklus II, dan dari siklus I ke siklus II) ternyata terjadi peningkatan skor hasil belajar Matematika, secara berurut sebesar 1,6 poin, 10,91 poin, dan 9,31 poin. Berpijak atas hasil analisis data ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching-Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.