PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

I Gusti Made Selamat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS-2 di SMA Negeri 1 Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2016/2017 dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 21 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes esai. Data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017.Hal ini ditunjang oleh perbandingan rerata skor dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 0,77 poin, dari prasilus ke siklus II meningkat sebesar 1,64 poin, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,87 poin.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.