PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU SMA NEGERI 1 SUKASADA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Agama Hindu pada siswa Kelas XI IPS 1 semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan penerapan metode diskusi berbantuan LKS di SMA N 1 Sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 semester II SMA N 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 14 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes dan dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, bahwa hasil belajar Agama Hindu pada siswa kelas XI IPS 1 semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkat dengan penerapan metode diskusi berbntuan LKS di SMA N 1 Sukasada dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76,79% meningkat sebesar 4,28% menjadi 81,07% pada siklus II. Jadi, dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode diskusi berbntuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu pada siswa kelas XI IPS 1 semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di SMA N 1 Sukasada.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.