PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IX A SMP NEGERI 2 TEJAKULA

I Ketut Gerot Winarta

Abstract

Sebagian besar siswa di kelas IX A SMP Negeri 2 Tejakula belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 75. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tidnakan kelas. Tujuan penelitian yangdilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Kooperatif STAD dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari ratarata awal 68,76 dengan ketuntasan klasikal 62%, meningkat pada siklus I dengan rata-rata 73,38 dengan ketuntasan klasikal 76% dan pada siklus II dengan rata-rata 80,54 dan ketuntasan klasikal 88%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.