PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 2 TEJAKULA
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa melalui penerapan layanan bimbingan kelompok siswa kelas VIII f semester genap tahun pelajaran 2018 / 2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah pokok meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk masing masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan observasi selama 1 bulan, Pengolahan datanya dengan menggunakan metode analisis diskriptif kuantitatif, yaitu dengan menerapkan rumus statistik untuk mencari nilai kedisiplinan belajar dan prosentase ketuntasan untuk memperoleh kesimpulan secara klasikal.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII f semester genap tahun pelajaran 2018 / 2019. Ini terbukti dari adanya peningkatan jumlah ketuntasan kedisiplinan belajar yang dialami siswa yang menjadi subyek penelitian. Dari data awal atau sebelum siklus I siswa yang memiliki katagori tuntas kedisiplinan belajarnya adalah 0 siswa (0%), setelah siklus I siswa yang memiliki katagori tuntas kedisiplinan belajarnya adalah 7 siswa (58%), dan bahkan setelah siklus II semua siswa 12 orang (100%) mencapai katagori tuntas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.