UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PRAKARYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS VII K SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Puspo Yulianti

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengambil 30 orang siswa yang sedang belajar di kelas VIIK pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 3 Singaraja Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inquiry mampu meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dicobakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Keyakinan yang muncul dari awal adalah bahwa penggunaan model tradisional yang digunakan guru mencapai sehari-hari merupakan penghambat peningkatan prestasi belajar yang diharapkan sehingga peneliti memilih model yang lebih bersifat konstruktivitas. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh kenaikan prestasi belajar siswa dari data awal 65,20 pada siklus I meningkat rata-rata tersebut menjadi 72,17 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,17 dengan ketuntasan belajar yang pada awalnya 26,67% meningkatkan menjadi 56,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,33% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan yang telah dilakukan secara maksimal mengikuti teori-teori para ahli pendidikan adalah model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.