MENGGIATKAN PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IXG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 1 BANGLI

I Wayan Widiadnyana

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bangli di Kelas IXG yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi tutor sebaya dalam model pembelajaran Team Assissted Individualination (T A I). Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi tutor sebaya dalam model pembelajaran Team Assissted Individualization (T A I). Ini terbukti dari hasil rata-rata siswa yang diperoleh pada awalnya 66,26 pada siklus I meningkat menjadi69,06 dan pada Siklus II meningkat menjadi 73,39. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi tutor sebaya dalam model pembelajaran Team Assissted Individualination (T A I).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.