UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIIC DENGAN MENGGIATKAN METODE PRESENTASI PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SMP NEGERI 1 BANGLI
Abstract
Perlakuan yang lebih baik terhadap peserta didik menggunakan modelmodel tertentu dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas membuat hasil belajar siswa mampu ditingkatkan. Hal tersebut merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIC di SMP Negeri 1 Bangli pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi / pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 65,69 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 12,5% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 70,09 dengan ketuntasan belajar 43,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,59 dengan ketuntasan belajar sebesar 96,88%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa metode presentasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC di SMP Negeri 1 Bangli sesuai harapan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.