UPAYA MAKSIMAL MENERAPKAN METODE CERAMAH INTERAKTIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VIIIH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 1 BANGLI

I Nyoman Sudihartana

Abstract

Penyampaian mata pelajaran Bahasa Indonesia selama ini disampaikan secara abstrak sehingga siswa belum dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. Hal itu telah menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Oleh karena itu diperlukan model/metode pembelajaran yang tepat untuk mengajarkannya agar mereka mudah dalam menerima pelajaran yang lebih cenderung bersifat abstrak ini. Penerapan cara belajar aktif melalui metode pembelajaran ceramah interaktif diupayakan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIH semester I SMP Negeri 1 BAngli tahun pelajaran 2019/2020 yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya, agar hasil belajar yang dicapai siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes unjuk kerja yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan metode pembelajaran ceramah interaktif bisa meningkatkan hasil belajar siswa. ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan hasil ketuntasan belajar mencapai 18,18% siklus I meningkat menjadi 60,61% siklus II meningkat menjadi 93,94%. Hal itu membuktikan bahwa metode pembelajaran ceramah interaktif yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia..

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.