MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK KERJA BANGKU SISWA KELAS XI DPK KRIYA KREATIF KAYU DAN ROTAN PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SMK NEGERI 1 SUKASADA

Anak Agung Ngurah Anom

Abstract

Tujuan pelaksanaan sebuah penelitian tindakan kelas adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Peningkatan tersebut akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas XI di SMK Negeri 1 Sukasada yang belajar pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan hasil belajar tersebut datanya diperoleh lewat teknik observasi unjuk kerja siswa, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang rata-rata baru mencapai 66,53 dengan ketuntasan belajar 21,74% pada siklus I naik menjadi 69,39 dengan ketuntasan belajar 34,78% pada siklus II naik menjadi 80,14 dengan ketuntasan 100%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar teknik kerja bangku siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sukasada.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.