MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IXA SMP NEGERI 2 TEMBUKU PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ni Made Widyanti

Abstract

Kemampuan siswa kelas IXASMP Negeri 2 Tembuku pada mata pelajaran Matematika tergolong masih rendah. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dalam mata pelajaran Matematika telah membuat hasilbelajar siswa menjadi meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan melihat adanya peningkatan hasil belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 65,36 pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 73,32 atau mengalami peningkatan sebesar 7,96 point. Pada siklus II hasilbelajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 85,54 atau mengalami peningkatan sebesar 12,22 point dari siklus I. Secara keseluruhan peningkatan hasil belajar siswa dari data awal ke siklus II sebesar 20,18 point. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 46,43% pada data awal menjadi 75% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 92,86%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu model pembelajaran Generatif dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajarMatematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.