PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 TEMBUKU PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ni Komang Arsani

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas VIIIA pada semester Genap tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 2 Tembuku. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes hasil belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 57,18 dengan ketuntasan belajar hanya sebesar 35,71% meningkat pada siklus I menjadi 63,71 untuk nilai rata-ratanya dengan ketuntasan belajar mencapai 57,14% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 70,86 dengan ketuntasan belajar mencapai 82,14%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar membaca siswa. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.