PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ni Ketut Sutriasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran matematika realistik (PMR) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ulakan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ulakan, yang berjumlah 11 orang siswa. Data yang diperoleh berupa hasil observasi kegiatan belajar mengajar dan hasil tes formatif. Dari setiap tindakan sesuai siklus yang direncanakan, penerapan pembelajaran matematika realistik (PMR) cukup memberi dampak berupa nilai yang dihasilkan siswa menunjukkan peningkatan. Dari hasil analisa didapatkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dengan rata 30,91%, siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 36,91% berada pada kategori aktif atau dapat dikatakan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6 % dari siklus I ke siklus II. Sedangkan hasil tes formatif menunjukkan hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu meningkat sebesar 9,6% yaitu dari siklus I sebesar 71,27% dengan katagori cukup menjadi 80,91% dengan katagori baik pada siklus II. sedangkan untuk ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 72,73% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran matematika realistik (PMR) dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Ped tahun pelajaran 2017/2018, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dalam menanamkan konsep konsep dasar matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.