PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS IX A SEMESTER I SMP NEGERI 2 SEMARAPURA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar penjasorkes siswa kelas IX A semester I SMPN 2 Semarapura tahun 2019/2020 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw.Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A semester I SMPN 2 Semarapura tahun 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari laki-laki 16 orang dan perempuan 14 orang dan objek penelitiannya adalah meningkatkan prestasi belajar penjasorkes.Hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar penjasorkes siswa kelas IX A SMPN 2 Semarapura sebagai bukti siklus I rata-rata 66,40denganpersentase ketuntasan belajar mencapai 73%. Siklus II rata-rata 74,93 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 90%.Jadi peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai 17% dengan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.