IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 JUNGUTBATU

I Wayan Mudiana

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika, subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Jungutbatu berjumlah 26 orang. Data nilai awal baru mencapai nilai 58,85 dengan ketuntatasan belajar 30,77% peniliti berupaya mengganti metode konvensisonal menjadi metode yang konstruktivis menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Tematik. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan masing-masing mulai perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan hasil belajar pada siklus I menjadi 64,92 dengan ketuntasan belajar 53,85% dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu rata-rata-kelas yang dicapai 77,42 sudah melebihi KKM mata pelajaran Matematika disekolah ini dengan ketuntasan belajar 92,31% yang melebihi indicator keberhasilannya penelitian yaitu 85% kesimpulan yang bisa disampaikan adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Tematik dalam proses pembelajaran dapat meningkatakan hasil belajar anak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.