PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SD NEGERI 3 PED
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Penjasorkes. Perolehan data awal yang rendah pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri No. 3 Ped pada semester II tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 25 siswa, membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan bimbingan individual. Model ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah data dikumpulkan melalui instrument/ metode tes hasil belajar, dan dianalisis dengan metode analisis diskriptif diperoleh peningkatan hasil belajar dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai 58,16. Dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 8%, pada siklus I meningkat menjadi 66,32 rata-rata kelas dan 48% untuk ketuntasan belajarnya. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 73,24 rata-rata kelasnya dan 92% ketuntasan belajarnya. Data pada Siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan Model Pembelajarn Inkuiri dengan Bimbingan Individual dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat meningkatkan Hasil belajar peserta didik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.