PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR DAN METODE BERCERITA SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK – PKN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membantu anak secara aktif dalam menemukan cara-cara penyelesaian yang cepat dan tepat bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Melalui penelitian ini peneliti mencoba menggunakan metode karya wisata dalam pembelajaran bermain sambil belajar dan metode bercerita untuk mengatasinya, melalui penelitian tindakan kelas model siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah anak kelas II semester 1 SD Negeri 1 Jungutbatu sebanyak 23 anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan prestasi belajar anak dalam proses pembelajaran lebih baik setelah diterapkannya metode karya wisata dalam pembelajaran bermain sambil belajar dan metode bercerita hal itu dapat dilihat dari perbandingan hasil pada obsevasi awal hanya 30,43% anak yang berhasil mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 63,26, pada siklus I meningkat menjadi 56,52%, dan siklus II meningkat mencapai 91,30%. Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode karya wisata dalam pembelajaran bermain sambil belajar dan metode bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar anak pada mata pelajaran tematik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.