PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 SUSUT MENGGUNAKAN STRATEGI TUTOR
Abstract
Prestasi belajar Agama Hindu siswa ditunjukkan berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum berjalan secara maksimal. Oleh karena itu, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan model pembelajaran dengan model dan strategi yang tepat. Salah satunya adalah strategi pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VIIC semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 SMP Negeri 1 Susut. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Susut dengan jumlah siswa 35 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasarkan tahapan: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh dan perhatian siswa pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa hanya sebesar 75.57 dimana hanya 12 orang siswa dinyatakan tuntas dengan persentase kelulusan sebesar 34%. Setelah tindakan siklus I, penguasaan materi pelajaran meningkat menjadi rata-rata 80.14 dengan siswa tuntas sebanyak 25 orang dan yang belum tuntas sejumlah 10 orang sehingga persentase kelulusan sebesar 71%. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 86 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 33 orang dan 2 orang siswa belum tuntas dengan persentase kelulusan sebesar 94.2%. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan yakni 80% sehingga penelitian dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan kesimpulan bahwa pemanfaatan strategi pembelajaran tutor sebaya telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VIIC SMPN 1 Susut.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.