PENERAPAN PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN ETOS KERJA MANDIRI GURU DI SD NEGERI 1 NYALIAN

Desak Ketut Raka

Abstract

Kedisiplinan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran, tanpa adanya kesadaran akan keharusan melaksanakan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya pembelajaran tidak mungkin mencapai target secara maksimal. Sehingga perlu kiranya diperlukan penelitian guru etos kerja guru menjadi meningkat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan etos kerja mandiri guru melalui program pembinaan kedisiplinan dalam proses pembelajaran semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 1 Nyalian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian ini adalah guru kelas di SD Negeri 1 Nyalian tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah guru kelas sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi peningkatan etos kerja guru yang kemuadian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Penerapan program pembinaan kedisiplinan guru dilakukan dengan 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata etos kerja guru pada siklus I sebesar 39,0 dengan kategori cukup. Hal tersebut belum sesuai dengan indikator keberhasil yang ditentukan sebelumnya sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Rata-rata etos kerja guru pada penelitian siklus II sebesar 52,42 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan program bimbingan kesdiplinan dapat meningkatkan etos kerja mandiri guru di SDN 1 Nyalian tahun pelajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.