PENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SD NEGERI 3 LEMBONGAN
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik. Perolehan data awal yang rendah pada siswa kelas II SD Negeri 3 Lembongan pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui perapan metode bimbingan kelompok/model pembelajaran kooperatif model ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah data dikumpulkan melalui instrumen tes hasil belajar, diperoleh peningkatan hasil belajar dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai 61,10. Dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 10,00%, pada siklus I meningkat menjadi 72,15 rata-rata kelas dan 75,00% untuk ketuntasan belajarnya. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 75,15 rata-rata kelasnya dan 90,00% ketuntasan belajarnya. Data pada siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode bimbingan kelompok/model pembelajaran kooperatif dalam melaksanakan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.