IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ni Ketut Rai Somawati

Abstract

Berdasarkan data prestasi belajar yang masih rendah pada siswa kelas II B di SD Negeri 5 Tonja menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui peningkatan prestasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal peserta didik baru mampu mencapai ketuntasan belajar 43% dengan rata-rata kelas II B dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 68% dengan ratarata kelasII B dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan mereka sudah mencapai 100% dengan rata-rata kelas II B. Sedangkan indicator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar prosentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 85% dengan rata-rata kelas II B. Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indicator tersebut. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran Mastery Learning dalam proses belajar mengajar mampu meningkatan belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.