MENGGIATKAN LOKAKARYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 MEMBALONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Subandi Subandi

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sesuai Kurikulum 2013 melalui lokakarya. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sesuai Kurikulum 2013 akibat teori yang belum memadai. Setelah data dikumpulkan diperoleh hasil dari rata-rata awal 71,11 (nilai kualitatif C) naik menjadi 78,37 (nilai kualitatif B) pada siklus I dan naik menjadi 91,56 (nilai kualitatif A) pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa lokakarya mampu meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sesuai Kurikulum 2013 sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.