UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI KEGIATAN SUPERVISI MANAJERIAL BERKELANJUTAN DI SMPN 4 TEMBUKU PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

I Made Wisna

Abstract

Penelitian tindakan sekolah yang dilakukan terhadap 6 orang guru di SMP Negeri 4 Tembuku, Bangli pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui kegiatan supervisi manajerial berkelanjutan. Setelah pelaksanaan siklus I, sudah ada 33,33% guru yang kemampuan menyusun silabus sudah berada pada Kategori B dan sisanya sebesar 66,67% masih berada pada kategori C. Untuk kemampuan menyusun RPP, sudah terdapat 50% guru yang berada pada kategori B dan sisanya 50% masih berada pada kategori C. Data ini belum sesuai dengan harapan indikator keberhasilan penelitian yang dicanangkan yaitu nilai individu berada pada Kategori A (rentang nilai 91-100). Pada siklus II ini terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sudah terdapat sekitar 83,33% guru memperoleh nilai dengan Kategori A, sedangkan masih terdapat 16,67% guru masih berada di Kategori B. Nilai rata-rata keseluruhan untuk penyusunan silabus sebesar 91,7 sedangkan untuk kemampuan penyusunan RPP sebesar 92,5. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi manajerial berkelanjutan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.