KEGIATAN PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KUANTUM DI SMK NEGERI 5 BATAM

Sumbardianto Sumbardianto

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Dengan keadaan seperti itu, maka pendampingan diupayakan untuk dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan model pembelajaran Kuantum di SMK Negeri 5 Batam Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan model pembelajaran Kuantum. Ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal sampai siklus II yaitu, data awal sebesar 64,53 kategori C (Cukup), pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 76,60 kategori B (Baik), siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 92,27 kategori A (Amat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Kuantum.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.