PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 6 PEGUYANGAN

Ni Made Murtini

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa. Rancangan penelitian yang menggunakan rancangan penelitian
tindakan kelas yang dikemukakan Kemmis dan Robin McTaggart. Penelitian ini mengambil objek pada kelas V di SD Negeri 6 Peguyangan pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh dari pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata sesuai dengan harapan setelah terjadi pergeseran dari pembelajaran yang konvensional ke pembelajaran model Inquiry. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 71,73 dengan ketuntasan belajar 41% pada siklus I naik menjadi 78,85 dengan ketuntasan belajar 73%, dan pada siklus II naik menjadi 85,80 dengan ketuntasan belajar 98%. Peneliti berkesimpulan bahwa penerapan Model Inquiry mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Semester II SD Negeri 6 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.