PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPOSITORY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II B

Ni Ketut Sulasih

Abstract

Karena kemampuan penerimaan materi pembelajaran masih kurang, maka peneliti merasa perlu untuk mengadakan penelitian dengan model pembelajaran yang berbeda. Tujuan peneliti melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Dangin Puri di Kelas II B Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 yang prestasi belajarnya masih rendah. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar Matematika. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 51% setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 74 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas II B SD Negeri 18 Dangin Puri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.