MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DENGAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 8 SONGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

I Nyoman Sidin

Abstract

Observasi awal yang dilakukan terhadap siswa kelas V menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan kurang berhasil. Rendahnya penguasaan siswa dalam pembelajaran dikarenakan kurang tepatnya model pembelajaran dan media yang digunakannya. Sehingga siswa menjadi tidak aktif, mudah bosan, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan model pembelajaran dengan media yang tepat. Salah satunya adalah Model Pembelajaran Kuantum dengan Kuiz Team.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 8 Songan, Kabupaten Bangli dengan jumlah siswa 7 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari
tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan
tindakan,(3) observasi, dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian
siswa pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa hanya sebesar 61,71 KKM pada mata pelajaran PKN “67”.Setelah tindakan siklus I penguasaan materi pembelajaran meningkat menjadi
rata-rata 65 dengan siswa tuntas 3 siswa dan belum tuntas 4 siswa. Hasil tindakan pada siklus II penguasan materi setelah diberikan tes prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 69,57 dengan siswa tuntas 6 siswa
tuntas dan 1 siswa belum tuntas. Presentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dan siklus dinyatakan tidak dilanjutkan,dengan kesimpulan bahwa
pemanfaatan Model Pembelajaran Kuantum dengan Kuiz Team telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.