PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN PROGRAM SUPERVISI MELALUI PEMBINAAN BERKELANJUTAN DI DAERAH BINAAN BELITUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sandhi Sandhi

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SMPN 1 Tanjungpandaan dengan melibatkan lima kepala sekolah binaan diantaranya kepala SMPN 1 Tanjungpandaan, SMPN 1 Selat Nasik, SMPN 2 Selat Nasik, SMPN 3 Membalong dan SMPN 3 Badau sebagai subjek penelitian. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembinaan berkelanjutan di 5 sekolah binaan dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam penyusunan program supervisi. Metode pengumpulan datanya adalah studi dokumen. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah di lima sekolah binaan dalam menyusun program supervisi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya nilai evaluasi program evaluasi yang dimiliki para kepala sekolah masih berada pada kategori C di mana satu orang kepala sekolah memperoleh nilai 70, tiga orang memperoleh nilai 78 dan satu orang memperoleh nilai 79 meningkat pada siklus I menjadi
kategori B di mana satu orang mendapat nilai 75, dua orang memperoleh nilai 80 dan dua orang memperoleh nilai 88. Kategori ini meningkat kembali di siklus II menjadi Kategori A di mana satu orang memperoleh nilai 90, dua orang memperoleh nilai 92, satu orang memperoleh 93 dan satu orang memperoleh 95. Sedangkan nilai rata-rata dari lima kepala sekolah tersebut pada pra-siklus baru mencapai 76,6, meningkat menjadi 82,2 pada siklus I dan meningkat kembali di siklus II menjadi 92,4. berdasarkan data yang diperoleh dapat ditarik simpulan bahwa pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah di lima sekolah binaan dalam menyusun program supervisi sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.