IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 KEROBOKAN KAJA

Ni Ketut Asryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas I semester ganjil di SD Negeri 1 Kerobokan Kaja tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas I semester ganjil SD Negeri 1 Kerobokan Kaja Kecamatan Kuta Utara tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 20 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas I
semester ganjil di SD Negeri 1 Kerobokan Kaja Kecamatan Kuta Utara. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebanyak 2,90 poin, dari prasiklus ke siklus II sebanyak 13,35 poin, dan dari siklus I ke silus II meningkat sebanyak 10,45 poin. Hasil analisis data tersebut menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas I di SD Negeri 1 Kerobokan Kaja. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.