IMPLEMENTASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALIBUKBUK
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 di SD Negeri 2 Kalibukbuk. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 50.41 dengan ketentusan belajar 33.33% meningkat pada siklus I menjadi 59.58 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 62.5% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 74.16 dengan ketuntasan belajar 92%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa metode model Direct Instruction mampu meningkatkan prestasi belajar siwa. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.