MODEL PENDEKATAN SUPERVISI PENGAJARAN KOLABORATIF GURU SENIOR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGAJARAN GURU SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Putu Dana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendenskripsikan kualitas pengajaran guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
sebagai akibat diterapkannya model supervisi kolaboratif oleh kepala sekolah, dan (2) meningkatkan kualitas pengajaran guru dalam
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada SMA Negeri 1 Sukasada melalui penerapan model supervisi kolaboratif.
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan 29 orang guru, dan 1 orang kepala sekolah. Penelitian dilakukan dengan dua
siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari analisis diperoleh:
(1) kualitas pengajaran guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I setelah dilaksanakan model supervisi
pembelajaran kolaboratif oleh kepala sekolah dalam kualifikasi cukup. Sedangkan pada siklus II dilaksanakan model supervisi pembelajaran
kolaboratif oleh kepala sekolah dalam kualifikasi baik, dan (2) terjadi peningkatan rata-rata kualitas pengajaran guru dalam menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari siklus I dan siklus II, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model supervisi pembelajaran
kolaboratif kepala sekolah efektif untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD di SMA Negeri 1 Sukasada.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.