PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MODEL TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Nyoman Seri Andayani

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singaraja di Kelas VIIH yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya baru mencapai nilai rata-rata 64,8 dengan ketuntasan belajar 31,3% pada Siklus I meningkat menjadi 68,6 dengan ketuntasan belajar 53,1% dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 72,5 dengan ketuntasan belajar 81,2%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.