PENERAPAN MODEL INQUIRI SEBAGAI BIMBINGAN INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR OLAHRAGA SD NEGERI 3 PELIATAN

Ni Luh Silawati

Abstract

Pembelajaran penjasorkes selama ini belum menarik, sehingga minat
dan prestasi belajar siswa masih rendah. Untuk itu perlu diterapkan
model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa aktif dan berfikir
lebih kritis, salah satunya adalah model pembelajaran
inquiry.Penelitian ini jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
tujuan meningkatkan prestasi belajar penjasorkes. Subjek penelitian
adalah siswa kelas IV semester II SD Negeri 3 Peliatan tahun pelajaran
2017/2018, dengan objek penelitian : Pembelajaran inquiry, bimbingan
individual dan prestasi belajar teknik dasar. Metode pengumpulan data
analisis kualitif dengan instrumen tes praktek.Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini adalah model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan
prestasi belajar teknik dasar siswa. Ini terbukti dari hasil yang
diperoleh pada awalnya 70 pada siklus I menjadi 70,42 dan pada siklus
II menjadi 77,71.Setelah dilakukan analisis dari data yang berhasil
dikumpulkan diperoleh kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini
adalah model pembelajaran Inkuiri dengan bimbingan secara
individual dapat meningkatkan prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.