PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA

Ni Luh Sekarini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi
pembelajaran peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar PKn
siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan rancangan siklustis. Dalam penelitian ini digunakan subjek
penelitian sebanyak 27 siswa, yang diambil dari siswa kelas V yang
tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian
yang disasar adalah hasil belajar PKn siswa. Setelah data terkumpul,
kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil
analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar PKn dari
prasiklus ke siklus I sebesar 11.43 poin, prasiklus ke siklus II sebesar
18.10 poin, dan siklus I ke siklus II sebesar 6.67 poin. Berpijak atas
hasil analisis data ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PKn
siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.