PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan keaktifan
Belajar IPA siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD
Negeri 4 Yehembang Kauh sebanyak 25 siswa yang diperoleh
berdasarkan hasil observasi keaktifan Belajar IPAnya pada
prasiklus yang berada di bawah kriteria ketercapaian indikator.
Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, digunakan
instrumen berupa non tes berupa lembar observasi yang meliputi 5
aspek keaktifan Belajar IPA.. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif kuantitatif. Rerata skor keaktifan belajar IPA
siswa dari prasiklus (sebesar 47,26) ke siklus II (sebesar 75,50),
ternyata terjadi peningkatan rerata sebesar 28,24 poin. Rerata skor
keaktifan belajar IPA siswa dari siklus I (sebesar 63,00) ke siklus II
(sebesar 75,50), ternyata terjadi peningkatan rerata sebesar 12,50
poin. Dari sini dapat dikatakan bahwa telah terjadi pengurangan
miskonsepsi siswa atau terjadi peningkatan kemampuan siswa di
dalam memahami konsep IPA secara holistik sebesar 28,24 poin.
perbandingkan kategori skor pada siklus I sebanyak sebanyak 13
(43,3%) skor termasuk kategori cukup aktif, dan sebanyak 17
(56,7%) skor termasuk kategori aktif . Rerata skor pada siklus I
termasuk kategori cukup aktif. Dan pada siklus II sebanyak 3
(10%) skor termasuk kategori cukup, dan sebanyak 27 ( 90%)
katagori aktif,. Rerata skor pada siklus II termasuk kategori aktif.
dapat dikatakan terjadi peningkatan skor dari prasiklus kesiklus I
maupun ke siklus II. Hasil analisis data menunjukkan penerapan
metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan
keaktifan Belajar IPA siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.