METODE KERJA KELOMPOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS VISD N 5 BUSUNGBIU PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ketut Artini

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses
pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu
diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Olehkarenanya
penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya
perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih
terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini mengambil objek pada kelas VI di SD N 5 Busungbiu
yang belajar pada semester I tahun pelajaran 2017/2018.
Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat
pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis
menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian
ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang
konvensional dirubah menggunakan model mastery learing dengan
metode kerja kelompok. Kegiatan penelitian ini menghasilkan
suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan
data awal yang baru mencapai 65,14 dengan ketuntasan belajar
21% pada siklus I naik menjadi 72,21 dengan ketuntasan belajar
43% dan naik pada siklus II menjadi 80,28 dengan ketuntaan
belajar 86%.. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian
ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model
mastery learning dengan metode kerja kelompok dalam
pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VI di SD N 5 Busungbiu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.