PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SPEAKING BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED TEACHING DAN STRATEGI TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 3 SINGARAJA

AAA.Sri Hartati

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelasVIIC di SMP Negeri 3 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Guided Teaching dan strategi Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 32 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 63,97 meningkat menjadi 67,09 pada siklus I dan meningkat menjadi 73,91 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 56,25% pada siklus I meningkat menjadi 78,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,87%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan metode Guided Teaching dan strategi Tutor Sebaya dalam pelaksanaan proses pembelajaran speaking mampu meningkatkan prestasi belajar sesuai indikator keberhasilan penelitian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.