IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TANDUR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 3 AMLAPURA

I Gusti Made Ngurah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan
hasil belajar siswa melalui implementasi strategi TANDUR. Subjek
tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA
Negeri 3 Amlapura pada semester genap tahun pelajaran
2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus
pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model strategi TANDUR. Objek penelitian
berupa motivasi belajar dan hasil belajar Biologi siswa pada materi
sistem pernafasan dan ekskresi . Untuk mengukur motivasi belajar
siswa digunakan angket motivasi belajar, sedangkan untuk
mengukur hasil belajar digunakan tes hasil belajar. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil analisis data, diperoleh beberapa hal sebagai berikut. (1)
terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari skor rata-rata
sebelum tindakan 78,0 (rendah) meningkat menjadi 111 (tinggi)
pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 124,1 (sangat tinggi) pada
siklua II. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata kognitif siswa sebesar 68,6 dan ketuntasan
klasikal siswa 67,9%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II,
maka hasil belajar kognitif siswa peningkatan menjadi 82,4 dan
ketuntasan kalsikal sebesar 96,4%. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pembelajaran
TANDUR dalam pembelajaran Biologi dapat meningkatkan
motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.