PENERAPAN TEORI KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 GEROKGAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Junita Wardhani, I Nyoman Mudarya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir perilaku membolos
siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Gerokgak Tahun Pelajaran
2017/2018. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian
Tindakan Bimbingan Konseling yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Subjek penelitian adalah lima orang siswa yang memiliki
perilaku membolos yang sedang. Metode pengumpulan data yang
digunakan berupa kuesioner yang didukung dengan hasil observasi.
Hasil kuesioner awal siswa menunjukkan skor rata-rata perilaku
membolos siswa yang menjadi subjek penelitian adalah sebesar
59,8%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi ratarata
73,33% setelah diberikan konseling Analisis Transaksional
dengan teknik kursi kosong. Pada siklus II skor rata-rata
mengalami mengalami peningkatan lagi yaitu 81,04%. Hasil
observasi menunjukkan kesesuaian dengan hasil kuesioner, bahwa
terjadi perubahan perilaku siswa kearah positif yaitu menurunnya
perilaku membolos siswa setelah diberikan tindakan konseling
Analisis Transaksional dengan teknik kursi kosong. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan konseling Analisis Transaksional
dengan teknik kursi kosong mampu menurunkan perilaku
membolos siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Gerokgak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.