PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS SD NEGERI 2 TOJAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ni Made Astiti

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi
belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 2 Tojan setelah diterapkan model
pembelajaran Inquiri. Proses pembelajaran yang telah dilakukan
dengan cara konvensional ternyata menghasilkan prestasi belajar PKn
rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi.
Metode pengumpulan datanya adalah dengan tes dan metode analisis
datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh selama
pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi
belajar dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai ratarata
kelas sudah mencapai 69 dengan ketuntasan belajar 54% dan pada
siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 72 dengan
ketuntasan belajar 92%. Kesimpulan akhir yang dapat disampaikan
adalah bahwa penerapan model pembelajaran Inquiri mampu
meningkatkan prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.