PENANAMAN NILAI-NILAI KEIMANAN DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS II SEMESTER I SD NEGERI 3 SEMARAPURA KLOD TAHUN PELAJARAN 2015/2016

I Wayan Gina

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui
apakah penanaman nilai-nilai keimanan dengan metode demonstrasi
berbantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Agama
Hindu siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas II Semester I Tahun
pelajaran 2015/2016 berjumlah 14 orang. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, masingmasing
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi/ evaluasi dan refleksi. Permasalahan yang ditemukan
sebelum diadakan penelitian adalah hasil belajar masih rendah belum
mencapai KKM yang ditetapkan. Metode pengumpulan datanya adalah
tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil
yang diperoleh dari penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai
keimanan dengan metode demonstrasi dengan teknik berbantuan media
gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa. Ini
terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67, pada siklus I
menjadi 71 dan pada siklus II menjadi 75. Kesimpulan yang diperoleh
dari penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai keimanan melalui
metode demonstrasi dengan teknik berbantuan media gambar dapat
meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.