PENGGUNAAN METODE STUDI KASUS DENGAN DEBAT KOMPETITIF YANG DILAKUKAN DENGAN GIAT UNTUK DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN

Gusti Komang Sudarta

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan bertujuan meningkatkan
kualitas prestasi belajar PKN pada Kelas 6 SD Negeri 3 Sepang Kelod
setelah diterapkannya metode studi kasus dengan debat kompetitif.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masingmasing
siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, demikian pula
halnya dengan Siklus II. Data prestasi belajar peserta didik digali
dengan tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
prestasi belajar siswa kelas 6 SD Negeri 3 Sepang Kelod tahun
pembelajaran 2015/2016 pada semester I mengalami peningkatan
setelah menggunakan metode studi kasus dengan debat kompetitif, ini
terbukti dari data yang berhasil diperoleh yaitu dari hasil tes awal yang
dilakukan nilai rata-rata prestasi belajar siswa baru mencapai 60,63
setelah diterapkannya metode studi kasus dengan debat kompetitif pada
siklus I mengalami peningkatan sebesar 67,50. Pada siklus II setelah
dilakukan penyempurnaan perlakuan dari kekurangan yang ditemukan
pada siklus sebelumnya prestasi belajar siswa meningkat menjadi 78,13
hal itu menandakan bahwa model pembelajaran yang diterapkan telah
berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.